This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Tuesday, 30 October 2012

Pengertian Return On Investment


return on investment (ROI)

Pengertian Return On Investment adalah sebuah rasio keuangan yang mengungkapkan efek dari laporan laba rugi menggunakan aset sebagai persentase dari biaya aset pada neraca.




Monday, 29 October 2012

Pengertian Advance to employee dan posisinya dalam neraca keuangan


A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z


Bogor- pengertian advance to employee adalah Akun aset yang digunakan untuk merekam jumlah yang diberikan kepada karyawan dengan harapan pembayaran. Sebagai contoh, jika seorang karyawan diberi uang oleh perusahaan dan uang diharapkan akan dilunasi atau dikeluarkan untuk tujuan perusahaan, jumlah tersebut akan dicatati sampai dilunasi atau sampai dokumentasi beban disediakan.

Posisi advance to empolee dalam neraca keuangan adalah sbagai aktiva lancar.




Tuesday, 23 October 2012

Laporan Neraca Keuangan berbasis PSAK dan IFRS


Bogor- Assalamualaikum :) Kali ini saya akan menulis tentang  laporan neraca keuangan atau biasa disebut Neraca. Laporan neraca Keuangan yang akan saya bahas ini berbasis pada PSAK dan IFRS. Laporan keuangan  merupakan salah satu laporan keuangan yang paling penting. Laporan keuangan lain yang penting meliputi laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas. Sebuah neraca laporan neraca keuangan menguraikan posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu. Hal ini sering disebut "snapshot" dari posisi keuangan perusahaan. Hal ini juga disebut sebagai neraca. Di bawah ini kami menyajikan neraca umum laporan neraca keuangan  format. Kami juga menjelaskan item dalam neraca.

Balance sheet Umum



1).  AKTIVA

1.1 Aktiva lancar terdiri :

1.2 Aktiva tidak lancar (aktiva tetap) terdiri :
  • Tanah (Land)
  • Tanah untuk pengembangan usaha (Land Improvements)
  • Bangunan (Buildings)
  • Peralatan (Equipment)

       Dikurangi: Akumulasi penyusutan :
  • Penyisihan Piutang tak tertagih (Allowance for Doubtful Accounts)
  • Akumulasi Penyusutan- Tanah pengmbangan usaha (Accumulated Depreciation-Land Improvements)
  • Akumulasi penyusutan-Bangunan (Accumulated Depreciation-Buildings)
  • Akumulasi Penyusutan-Peralatan (Accumulated Depreciation-Equipment)
  • Akumulasi Penyusutan (Accumulated Depletion)
  • dan lainlain Etc.

1,3  Aset lainnya (investasi, goodwill, hak cipta dan paten)
  • Goodwill
  • Bond Issue Costs
  • Other Assets


2). KEWAJIBAN
Kewajiban adalah sesuatu yang harus direalisasikan oleh perusahaan dalam periode tertentu, berdasarkan jenisnya kewajiban terdiri dari kewajiban lancar dan tidak lancar
2.1 Kewajiban lancar :
Beban masih harus dibayar
Hutang
Pendek-term notes (surat hutang)
Hipotek
Lain utang jangka panjang

3). Ekuitas 
Ekuitas adalah modal yang dimiliki suatu perusahaan atau keadaan yang mengambarkan keadaan pendanaan internal suatu perusahaan.
Umum saham
Modal disetor lebih dari nominal saham biasa
Saham preferen
Saldo laba
JUMLAH KEWAJIBAN DAN EKUITAS

Aktiva


ASET LANCAR
Aktiva lancar terdaftar pertama di neraca - laporan posisi keuangan. Aktiva lancar adalah mereka yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu 12 bulan. Alasan utama mengapa usaha kecil sering mengalami kesulitan keuangan adalah manajemen yang tidak efisien dari aktiva lancar. Artinya, mereka kehabisan uang tunai. Hal ini bisa terjadi karena alasan seperti memiliki kas cukup di tangan atau meremehkan jumlah waktu yang diperlukan untuk melikuidasi aset untuk menghasilkan uang.
Surat berharga, juga sering disebut "cash dekat", adalah surat berharga likuid seperti tagihan US Treasury.
Hutang mengacu pada uang yang belum diterima dari debitur perusahaan. Debitur adalah pelanggan perusahaan yang membeli dari perusahaan secara kredit dan masih perlu membayar untuk produk atau layanan yang disediakan.
Persediaan mengacu pada bahan baku, produk dalam proses produksi dan produk selesai siap untuk dijual. Pada dasarnya, persediaan adalah produk fisik bisnis bermaksud untuk menjual.
Dalam neraca (laporan posisi keuangan), aset paling likuid biasanya terdaftar sebelum aset kurang likuid. Itulah sebabnya kita juga tercantum aktiva lancar dalam hal penurunan likuiditas: kas, surat berharga, piutang dan persediaan.
AKTIVA TIDAK LANCAR AKTIVA TETAP ATAU
Setelah aktiva lancar terdaftar, kita bisa daftar aktiva tidak lancar dalam neraca - laporan posisi keuangan. Aktiva tidak lancar atau aktiva tetap mengacu pada aset yang tidak dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam jangka waktu 12 bulan. Mayoritas aset tetap yang disusutkan. Ini berarti bahwa biaya aset tersebut dialokasikan selama masa manfaatnya dan dibebankan sebagai biaya dalam laporan laba rugi. Hal ini mengurangi jumlah pajak perusahaan harus membayar.
Pada neraca - laporan posisi keuangan - kita perlu menunjukkan aktiva tetap bersih, yang mengacu pada aset tetap bruto (sebelum depresiasi aset diperhitungkan) dikurangi akumulasi penyusutan (depresiasi dikurangi selama masa manfaat dari aset, hingga titik ini). Aset tetap bersih perusahaan juga disebut sebagai nilai buku.
LAINNYA ASET
Aset lain menunjukkan aset pada neraca - laporan posisi keuangan - yang tidak sesuai dengan dua kategori pertama dan termasuk aset seperti goodwill, hak cipta dan paten.Untuk beberapa perusahaan ini dapat berkontribusi porsi yang cukup besar, jika tidak mayoritas, nilai mereka.

Kewajiban dan ekuitas


Bagian kedua dari neraca menyajikan bagaimana bisnis itu dibiayai. Ini pada dasarnya menunjukkan dari mana sumber aset yang dibiayai. Dua sumber utama pembiayaan adalah hutang dan ekuitas.
Kita mulai bagian kedua dari neraca dengan kewajiban lancar. Kewajiban lancar meliputi beban masih harus dibayar, hutang dan jangka pendek catatan.
Biaya masih harus dibayar adalah biaya dimana perusahaan wajib membayar dalam waktu 12 bulan dan termasuk barang-barang seperti gaji dan upah.
Hutang mengacu pada pembayaran bahwa perusahaan masih diwajibkan untuk membuat dalam waktu 12 bulan kepada para kreditur yang disediakan produk mereka secara kredit kepada perusahaan.
Jangka pendek catatan mengacu pada uang yang harus dibayarkan kepada pemberi pinjaman dalam waktu 12 bulan.
HUTANG JANGKA PANJANG
Langkah berikutnya dalam menyusun neraca - laporan posisi keuangan - mengharuskan kita untuk daftar kewajiban jangka panjang. Kewajiban jangka panjang mengacu pada pembayaran utang yang jatuh tempo dalam jangka waktu lebih dari 12 bulan.
EKUITAS
Langkah terakhir dalam menyusun neraca - laporan posisi keuangan - mengharuskan kita untuk menggambarkan posisi ekuitas perusahaan. Ekuitas menunjukkan klaim pemilik perusahaan pada perusahaan.
Produk "saham biasa" dan "modal disetor lebih dari nominal saham biasa" menunjukkan jumlah yang dibayarkan oleh pemegang saham saham biasa untuk saham mereka dari saham biasa.
Saham preferen menunjukkan jumlah uang yang diterima dari penerbitan saham preferen.
Laba ditahan menunjukkan laba perusahaan yang tidak dibagikan dalam bentuk dividen kepada pemegang saham.

Pengertian Goodwill dan Posisinya dalam Neraca Keuangan

Pengertian Goodwill - Goodwill merupakan aset jangka panjang yang dikategorikan sebagai aset tidak berwujud.Goodwill timbul ketika sebuah perusahaan mengakuisisi bisnis lain secara keseluruhan. Goodwill adalah biaya untuk membeli bisnis dikurangi nilai pasar wajar aset berwujud , aset tidak berwujud yang dapat diidentifikasi, dan kewajiban yang diperoleh dalam pembelian. Jumlah dalam akun Goodwill akan disesuaikan dengan jumlah yang lebih kecil jika ada penurunan nilai yang terjadi terhadap nilai pasar goodwill tersebut  yang diakuisisi perusahaan pada saat tanggal pelaporan neraca. Biasanya akun goodwill ini akan muncul pada laporan keuangan konsolidasian



Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh :
PT Danone mengakuisisi sebuah perusahaan PT.Aqua. Diketahui nilai wajar (fv) dari PT Aqua hanya sebesar Rp.40.000 (Modal saham 30.000 + Laba ditahan 10.000). Tapi biaya yang dikeluarkan untuk membeli PT Aqua tersebut sebesar Rp. 50.000.   maka akan ada selisih  sebesar Rp 10.000 dari pengakuisisian tersebut. Selisih yang dibayar dengan nilai wajar tersebut merupakan aset yang bernama goodwill

Maka cara untuk mencatat transaksi akuisisi perusahaan dengan goodwillnya adalah sebagai berikut :


Modal Saham 30.000 [Debit]
Laba ditahan 10.000  [Debit]
Goodwill 10.000        [Debit]
             Investasi pada PT Aqua 50.000 [Kredit]

Dengan perhitungan :  

Jumlah yang dibayar - nilai wajar (baca juga artikel mengenai Apa yang dimaksud Nilai Wajar (Fair Value) dalam akuntansi

 Maka akan dapat persamaan : 

Jumlah yang dibayar lebih besar dari nilai wajar, maka ----> goodwill
Jumlah yang dibayar lebih kecil dari  nilai wajar, maka  ----> bargain (keuntungan)

Posisinya dalam neraca keuangan adalah sebagai aset tidak lancar tidak berwujud (intangible assets)

Sekian artikel mengenai Pengertian Goodwill dan Posisinya dalam Neraca Keuangan .Semoga bermanfaat :)


Sunday, 7 October 2012

Cara mengetahui Tipe Gaya Belajar Sesuai Kepribadian


TIPE GAYA BELAJAR SESUAI KEPRIBADIAN

Bogor- Assalamualaikum :) eng ing ieng... sebelumnya saya sudah janji buat update artikel tentang Cara belajar menurut Tipe Gaya Belajar . Tapi sebelum itu tentu kita harus tahu terlebih dahulu tahu jenis gaya belajar kita tentunya.. Salah satu teman saya pun ada yang bertanya tentang Tipe Gaya Belajar dia seperti apa. Nah jika sobat juga penaran dan ingin tahu seperti apa Tipe Gaya Belajar kita. Kali ini saya akan memberi beberapa kuis yang saya dapat dari internet dan mungkin bisa mengetahui Tipe Gaya Belajar anda menurut jenis kepribadian anda. Tapi sebelumnya untuk mengisi kuis ini haruslah diperlukan kejujuran atau se-Natural mungkin mejawabnya  tanpa dibuat-buat sesuai dengan kepribadian anda.



1. Waktu belajar, kamu suka suasana yang kayak apa?




a. Yang nggak sepi-sepi banget, kalo sepi banget malah ketiduran, bukannya belajar
b. Nggak masalah di mana saja, yang penting bisa fokus. Gitu aja kok repot
c. Tempat yang tenang apalagi kalo ada musik, wuiiih pasti konsen
d. Sebenarnya nggak masalah sih di mana aja, yang penting ada yang mau ngajarin nggak???


2. Kalo baca buku, kamu suka buku-buku yang kayak gimana sih?






a. Buku yang rame, ada banyak gambar-gambarnya, biar nggak ngantuk
b. Pake gambar, nggak pake gambar juga nggak pa-pa. Yang penting cepet selesai
c. Yang banyak tulisannya. Apalagi buku yang berat-berat, asyik banget tuh
d. Hhhmmm..gimana ya?!? Aku nggak terlalu suka baca buku berat. Yang nyante ada nggak?!?


3. Wah, ada tugas kelompok neh dari guru. Responmu gimana?



a. Asyik banget tuh, ada temen ngobrol...tugas ntar aja, yang penting happy-happy dulu
b. Pake kelompok nggak pa-pa, nggak juga nggak masalah. Tapi kalo bisa, aku yang jadi ketua kelompoknya.
c. Gini aja kok pake kelompok sih? Aku pengennya sendiri neh, biar cepet selesai
d. Kerja kelompok?? Aku ngikut aja deh, yang penting ntar kalo aku nggak tau, ada yang ngajarin kan??



4. Kalo boleh milih, cara belajar favoritmu yang kayak gimana sih?



a. Yang nggak buat aku duduk berlama-lama, aku suka belajar sambil bermain ato nonton TV
b. Nggak masalah cara belajar yang gimana aja, aku bisa cepet nyesuaikan diri kok
c. Yang tenang dan ada musik lembutnya, kalo ada musik cepet konsen
d. Aku sih lebih milih ada yang ngajarin kayak mentor gitu, soalnya aku suka kalo ada yang nemenin belajar


5. Dalam kerja kelompok, peran apa yang paling kamu suka?



a. Aku jadi penggembira aja, soalnya terlalu serius juga ngebosenin kan?
b. Aku pengen jadi ketuanya. Aku yakin kok kalo aku yang mimpin tugasnya bisa cepet selesai
c. Aku sih sebenernya nggak terlalu suka kerja kelompok, tapi kalo disuruh gitu ya aku pengennya sih ngerjain bagian yang sulit-sulit
d. Ngikut aja, tapi jangan kasih tugas yang susah-susah, takutnya aku nggak bisa.



Kalo kamu udah menjawab 5 pertanyaan di atas, sekarang waktunya cocokin jawabanmu:


Kalo jawabanmu kebanyakan "a"



Wah, kamu tipe sanguin nih. Orang sanguin kurang bisa belajar di tempat yang sepi. Mereka suka belajar dengan bermain. Maksudnya, mereka suka suasana yang santai dan tidak tegang. Serius tapi santai, gitu deh. Orang sanguin kan kekuatannya bicara, jadi mereka lebih cepat belajar lewat suara. Alias cuap-cuap. Mereka nggak betah kalo belajar sambil duduk berlama-lama, justru itu bikin mereka ngantuks. Biasanya, mereka suka belajar dengan ditemani suara TV ato radio gitu. Hehehhehe...
Karna orang sanguin itu pelupa. Mereka biasanya menghapal lebih masuk dengan mengingat hal-hal lucu. Belajar menghapal dengan mengasosiasikan (mengimajinasikan) hal-hal lucu. Kalo udah kayak gini, cepet tuh masuk pelajarannya.


Kalo jawabanmu kebanyakan "b"


Berarti kamu seorang koleris. Sebenernya sih orang koleris itu nggak susah untuk belajar, dalam arti di mana aja bisa. Mereka seorang pembelajar yang cepat tangkap dan cepat tanggap. Yang pasti, mereka nggak suka belajar bertele-tele dan terlalu teori yang nggak perlu. Mereka suka belajar yang praktis-praktis, kalo bisa dengan rumus-rumus singkat begitu.

Mereka suka untuk ambil kendali, cepet dalam mengambil keputusan. Cocok untuk jadi pemimpin kerja kelompok, karna mereka memang suka jadi pemimpin hehehehe.... Dan yang pasti, koleris adalah pelajar yang suka untuk adu debat. Tentu debat positif. Mereka suka tampil dan PD untuk diskusi ato tukar pikiran.


Kalo jawabanmu kebanyakan "c"


Ini nih dia si melankolis sejati. Orang-orang pemikir dan suka teori-teori mendalam. Tipe ini suka belajar di tempat tenang ‘en ditemani musik yang mengayun lembut. Tipe ini terkenal dengan pemikir dan jenius. Mereka pada dasarnya suka sekali belajar, nggak heran soal-soal yang sulit bisa diselesaikan mereka dengan mudah.
Karena mereka orang yang suka berpikir, mereka lebih memilih belajar dengan cara visual, yaitu memvisualisasi yang mereka pelajari. Logika mereka jalan banget, dan mereka nggak terlalu suka kerja kelompok, soalnya meski cerdas, biasanya mereka pendiem dan agak minder.


Kalo jawabanmu kebanyakan "d"



Wah, kamu seorang pleghmatis. Biasanya neh, orang tipe ini belajar dengan mentoring. Maksudnya lebih cepat nangkep kalo ada yang ngajarin. Soalnya orang tipe ini suka lelet dan sering nggak disiplin.
Bawaan mereka yang nyante banget itu kadang terkesan seperti malas-malasan. Makanya, lebih bagus deh kalo mereka belajar ada yang mentoring, ato yang bantu ngawasin. Karena orang pleghmatis cinta damai, mereka nggak terlalu suka yang namanya diskusi ato tukar pikiran yang sampai seperti "debat". Bagi mereka hal-hal kayak gitu justru buat mereka pusing.

Udah tau kan tipe belajar yang cocok dengan kepribadian anda?? Cobain deh ubah gaya belajar, kalo kamu ngerasa nggak sreg. Gimanapun juga, jadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Kalo kita menikmati cara belajar kita, kita jadi nggak tertekan dan bisa fokus untuk belajar.

Intinya, tidak ada gaya pribadi yang lebih jelek dari yang lain. Semua punya kelemahan dan kelebihan sendiri. Tapi yang mau kerja keraslah yang berhasil. Jadi, belajarlah dengan rajin dan jangan mudah menyerah :).

Nah.Itu tadi untuk mengetahui Tipe dari Gaya Belajar anda sesuai dengan kepribadian anda. Untuk CARA BELAJAR SESUAI TIPE GAYA BELAJAR nya ( Auditorial,Visual, Kinestetik). tunggu update-tan terbaru saya nanti :) wassalamu alaikum :)