Teladan Kepala Keluarga Membentuk Kesehatan Rohani Dalam Keluarga

Kangsatria.com - Teladan Kepala Keluarga Membentuk Kesehatan Rohani Dalam Keluarga. Kesehatan rohani harus dibangun dalam keluarga dan diajarkan oleh setiap kepala keluarga. Tidak hanya berkutat pada kesehatan jasmani. Jika jasmani sehat namun kesehatan pada Sang Pencipta tidak dibangun, maka akan membentuk keluarga yang belum sempurna. Teladan kepala keluarga adalah mampu mendidik istri dan anak anak berbakti. Semua akan terlihat dari kesederhanaan sikap, kesederhanaan bicara, kesederhanaan penampilan. Sampai rumah yang pastinya memiliki kesederhanaan furnitur alias tidak perlu mewah-mewah. Ada tiga poin penting yang harus dikerjakan oleh kepala keluarga dalam membentuk kehidupan rumah yang dapat selalu dalam keadaan baik.

keluarga
Sumber : bikinsemangat.com

1. Mengajak Istri Dan Anak Selalu Beribadah Kepada Tuhan
Kebanyakan orang melupakan poin ini. Ketika berbicara mengenai kehidupan rumah, jika bukan masalah keluarga, maka keluarga yang harmonis. Padahal jika memang ingin memiliki kehidupan yang baik, poin pentingnya adalah tidak lupa beribadah kepada Tuhan. Sebuah keluarga yang taat dalam beribadah, otomatis akan dibimbing oleh Tuhan ke jalan kebaikan. Ketika hendak terjerumus ke masalah keluarga yang pelik, maka dapat diselamatkan. Ataupun jika memang ahrus menghadapi masalah, maka akan diberikan petunjuk penyelesaian terbaik. Ini terkait dengan kesehatan rohani yang harus dibekalkan kepada istri dan anak melalui kepala keluarga yaitu, suami atau ayah.

2. Membimbing Istri Dan Anak Dengan Baik
Seorang kepala keluarga juga harus pandai membimbing istri dan anak-anaknya. Menuju jalan kebaikan. Kepala keluarga harus dapat mengarahkan mana yang memang pantas dilakukan oleh istrinya dan pantas untuk dilakukan anak-anaknya. Membimbing istri agar selalu berbakti secara otomatis akan berimbas membuat anak anak berbakti pula. Usahakan kepala keluarga dapat berperan dengan baik dan menjadi teladan bagi istri dan anaknya.

3. Mau Memberikan Contoh, Tidak Sekadar Nasehat
Kepala keluarga yang patut menjadi teladan adalah mampu menunjukkan kesederhanaannya. Meksipun memiliki uang yang berlimpah. Sedapat mungkin memberikan contoh kepada istri dan anak agar dapat hidup secara sederhana. Contoh kesederhanaan tentu mudah dari cara berpakaian yang sederhana, cara bersikap yang sederhana, sampai memiliki rumah yang sederhana. Rumah tidak perlu mewah, cukup memiliki kesederhanaan furnitur asalakan keluarga merasa bahagia, itu sudah cukup. Dibanding memiliki rumah mewah, namun penuh dengan masalah. Setiap teladan yang kepala berikan harus sedapat mungkin disertai dengan contoh. Sehingga tidak akan dianggap hanya sebatas teladan yang dapat cepat berlalu atau dilupakan oleh istri dan anaknya.

Kehidupan keluarga teladan harus dibentuk sejak berkeluarga baru, belum memiliki anak, hingga memiliki anak. Semua dapat terwujud dengan dibantu dari keyakinan yang kepala keluarga anut dan mengamalkannya dengan membimbing keluarga. Mulai dengan menampilkan kesederhanaan hidup dengan rumah yang hanya dipenuhi kesederhanaan furnitur. Namun kaya dengan kesehatan rohani. Sehingga mampu membentuk istri dan anak anak berbakti.

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Teladan Kepala Keluarga Membentuk Kesehatan Rohani Dalam Keluarga"

Post a Comment

wdcfawqafwef