Cara Berinvestasi di Pasar Modal

Kangsatria.com - Cara Berinvestasi di Pasar Modal.  Mungkin banyak diantara kita yang sudah mengenal yang namanya saham. Tak sedikit juga yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya dengan membeli saham di pasar modal.  Tapi banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana cara Berinvestasi di pasar modal tersebut. Atau mungkin anda yang sedang membaca ini ingin mulai berinvastasi saham? Lalu bagaimanakah cara Berinvestasi di pasar modal? Berikut ulasannya.

Sebelum berinvestasi di pasar modal,  Investor (sebutan untuk yang ingin berinvestasi) harus terlebih dahulu membuka rekening di salah  satu perusahaan efek.  Sebelum memilih perusahaan efek,  Investor sebaiknya memperhatikan Karakteristik dari Perusahaan Efek Tersebut.

Investor dapat membuka rekening di perusahaan Efek dengan cara mengisi dokummen-dikumen yang diperlukan.  secara umum,  Perusahaan efek biasanya mewajibkan investor untuk menyetorkan sejumlah dana tertentu sebagai jaminan dalam proses penyelesaian transaksi.

Untuk transaksi saham :

1. transaksi diawali dengan memberikan perintah jual dan / beli ke perusahaan efek.  perintah tersebut harus berisikan nama saham, jumlah saham yang ala am dijual dan /beli serta harga jual dan / harga beli yang diinginkan.
2. Perintah tersebut selanjutnya diversifikasikan oleh Perusahaan Efek yang bersangkutan.
3. Selanjutnya perintah tersebut dimasukkan ke dalam sistem perdagangan di Bursa Efek.
4. Semua perintah jual dan / beli dari seluruh perusahaan Efek akan dikumpulkan di bursa efek Falla am sistem yang disebut JATS.

Untuk Transaksi obligasi :

1.  Transaksi dimulai dengan penempatan kuotasi di sistem perdagangan di BES yang disebut OTC-FIS,  Sehingga semua kuotasi yang masuk ke dalam sistem dapat dilihat secara langsung (real time)  oleh pelaku pasar lainnya.
2. Melalui OTC-FIS,  Partisipan dapat melihat kuotasi yang paling menarik bagi dirinya.
3. Kemudian Partisipan yang tertarik untuk membeli atau menjual salat menghubungi Partisipan yang akan menyesal atau membeli untuk  negosiasi lebih lanjut.

Intinya adalah dalam proses Investasi di Pasar Modal ini yang paling berperan adalah perusahaan Efek.  Karena perusahaan tersebut sebagai jembatan yang menghubungkan seorang Investor di Pasar Modal
Sekian mengenai cara Berinvestasi di Pasar Modal,  semoga bermanfaat :)

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Cara Berinvestasi di Pasar Modal "

Post a Comment

wdcfawqafwef