Seperti inilah Konsep ekonomi pada zaman dahulu

Seperti apakah Konsep ekonomi pada zaman dahulu? Hallo selamat pagi sahabat J . Kali ini saya akan sedikit menulis artikel tentang Konsep Ekonomi Zaman Dahulu. Mungkin tak banyak yang mengetahui mengenai konsep ekonomi pada zaman dahulu.

Menurut pakar terkemuka dalam buku "Ekonomi : Dunia keseharian kita" Catatan atau tulisan mengenai konsep ekonomi pada zaman dahulu ditentukan dari ajaran-ajaran agama, kaidah – kaidah hukum, dan aturan – aturan moral. Contohnya dalam kitab Hammurabbi dari Babilonia (sekitar 1700 SM) para pakar sejarah purbakala telah menemukan rincian-rincian petunjuk tentang cara – cara berekonomi pada zaman dahulu.


Kitab ini menggambarkan negara terokrasi Hibrani kuno dan memuat banyak peringatan melawan ketamakan dan pemerasan serta penentangan terhadap pendewaan kepada kekayaan materiil.

Ringkasnya orang-orang dituntut untuk berlaku adil dan murah hati satu sama lain dalam melakukan tindakan ekonomi. Peringatan – peringatan dalam kitab ini juga membuktikan bahwa perkembangan bangsa Hibrani dari struktur masyarakat primitif ke struktur masyarakat komersial disertai dengan keretakan, konflik dan ketegangan.

Kondisi ini juga terjadi pada masyarakat Yunani. Dalam hal ini, para pembuat undang-undang , para politisi, dan kaum filsuf cendekiawan Yunani menanggapinya dengan menyusun kaidah-kaidah negara yang mengatur hubungan ekonomi, seperti aturan dasar negara yang mengatur tingkah laku dan struktur non-ekonomi negara.

Bagaimana sobat? Semoga menambah wawasan kita mengenai konsep ekonomi pada zaman dahulu J


(sumber: “Ekonomi : Dunia Keseharian kita” Penerbit :Yudhistira)

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Seperti inilah Konsep ekonomi pada zaman dahulu"

Post a Comment

wdcfawqafwef