Profil usahawan : Konosuke Matsushita

Halo sobat blogger hari ini kangsatria.com ingin membahas tentang salah seorang profil usahawan yaitu konosuke matsushita . Adakah yang sudah pernah mendengar nama tersebut? Beliau adalah salah satu pendiri  perusahaan elektronik yang diperhitungkan di dunia. Perusahaan yang dimilikinya yaitu bernama PT Matsushita industry.  Beliau mulai bekerja di kota osaka pada usia 9 tahun dan selayaknya anak usia 9 tahun beliau juga mempunyai banyak tugas  dari sekolah. Beliau bersekolah di sekolah malam di jepang.

Pada tahun 1918 beliau mulai membuka bengkel listrik sendiri dan sukses dalam membuat lampu baterai untuk sepeda sampai perang dunia II. Perusahaan  Matsushita telah menjadi salah satu perusahaan paling penting di jepang. Kondisi ini terjadi karena perang dunia benar benar telah melumpuhkan perekonomian jepang pada saat itu.

Menghadapi kondisi tersebut Konosuke matsushita terus bekerja keras untuk membangun kembali usahanya. Jerih payahnya pun membuahkan hasil, karena sejak tahun 1950 usaha bisa kembali tumbuh dengan pesat. Produk yang dihasilkan perusahaannya kini tidak lagi berupa batu baterai melainkan telah merambah ke alat alat listrik rumah tangga seperti televisi, mesin cuci, kulkas, dan peralatan audio visual.

Beliau sendiri telah menjadi salah orang terkaya. walaupun demikian ia  membuat pekerja yang bekerja di perusahaannya  seperti menjadi anggota keluarga besar nya sendiri. Meskipun ia menerapkan disiplin kerja yang tinggi kepada para pekerjanya, sebagai imbalannya dia juga mensejahterakan para pekerjanya.

Matsushita juga memulai gerakan damai dan bahagia melalui kemakmuran (DBM) . Beliau menganggap usaha harus juga dipakai untuk mendamaikan dan membahagiakan bagi seluruh dunia.  Konosuke Matsushita lahir pada 27 Nobember tahun 1842 di Wakayama  perfecture jepang tengah dan tutup usia pada 27 April tahun 1989 .

Sumber : Ekonomi " Dunia keseharian kita" dan disadur dari oxford ensiklopedi pelajar jilid 9.


like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Profil usahawan : Konosuke Matsushita"

Post a Comment

wdcfawqafwef