Pengertian apa yang dimaksud dengan opportunity cost dan contohnya

Apakah yang dimaksud dengan opportunity cost? . Selamat pagi sobat J. Kali ini saya akan menulis artikel tentang Apakah yang dimaksud dengan opportunity cost?. Tahukah kamu tentang apa yang dimaksud oppurtunity cost ini atau bisa disebut dengan biaya peluang? Jika sobat bertanya – tanya tentang hal ini. Kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai pengertian apa yang dimaksud dengan opportunity cost.

Setiap kita melakukan tindakan, pasti kita selalu dihadapkan dengan beberapa pilihan. Terkadang kita harus memilih mana kegiatan yang paling tepat yang sebaiknya kita utamakan dalam satu waktu. Pada saat itu kita harus rela kehilangan kesempatan  atau peluang lainnya yang timbul dari kegiatan yang tidak kita pilih.


Untuk lebih jelasnya akan saya beri contoh sebagai berikut:

Andi seorang tamatan SMA yang memiliki usaha fotokopian dengan penghasilan bersih 20 juta per tahun. Kemudian Andi memikirkan untuk meneruskan jenjang pendidikannya ke perguruan tinggi. Dengan keyakinan usahanya akan lebih meningkat jika maka ia memutuskan untuk memberhentikan dulu usahanya dan fokus untuk kuliah. Dan otomatis dia kehilangan peluang untuk mendapatkan penghasilan sebesar 20 juta per tahun. Maka bisa dikatakan opportunity cost untuk masuk perguruan tinggi adalah sebesar penghasilan yang hilang tersebut yaitu 20 juta per tahun, penghasilan yang hilang tadi dianggap sebagai biaya peluang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Maka dapat disimpulkan opportunity cost adalah kesempatan atau peluang yang hilang jika kita memilih suatu hal atau kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi, dan dalam hal pilihan yang akan kita pilih tersebut, kesempatan yang hilang tadi dianggap sebagai biaya peluang.

Itu tadi sedikit tentang bahasan mengenai apa yang dimaksud dengan opportunity cost. Semoga bermanfaat J

like dan bagikan ini ke teman kamu?

2 Responses to "Pengertian apa yang dimaksud dengan opportunity cost dan contohnya"

  1. Wah, keren postingannya. Makasih.
    Sedikit menambahkan, bahwa Opportunity cost atau biaya peluang seperti halnya pilihan ekonomi. dan pilihan ekonomi adalah keputusan sadar untuk menggunakan sumber daya yang langka dengan cara tertentu. Untuk membuat pilihan, kita perlu menyeimbangkan manfaat yang kita peroleh jika kita memiliki sesuatu dan biaya yang harus kita keluarkan jika kita harus mengorbankan sesuatu. Biaya ini disebut biaya peluang

    ReplyDelete

wdcfawqafwef