Akuntansi Dasar : Pembukuan Akuntansi Double Entry

Dasar Akuntansi - Selamat pagi sob ! Kali  ini saya akan membahas tentang  Akuntansi Dasar . Sering kali saya dapat pertanyaan tentang apa yang dimaksud pencatat Double Entry dan Single Entry.  Melalui tulisan ini saya akan coba bahas tentang Pembukuan Akuntansi Double Entry .

Dalam Akuntansi kita mengenal dengan dua jenis pencatatan, yaitu Double Entry dan Single Entry . Masing-masing dari pencatatan tersebut memiliki kriteria yang berbeda. Pertama saya akan membahas mengenai Double Entry.

"Double Entry atau dalam bahasa Indonesianya Entry Ganda adalah jenis pencatatan yang mempengaruhi setidaknya dua akun,  dengan menaruhnya pada sisi debet dan dan satunya lagi pada sisi kredit dalam setiap pencatatan pembukuannya." 

Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan meminjam $ 50.000 dari bank , Akun Kas perusahaan akan bertambah , dan ini akan berpengaruhnya juga terhadap bertambahnya akun Hutang sebesar $ 50.000 . Double entry juga berarti bahwa salah satu rekening harus memiliki jumlah yang dimasukkan sebagai debit , dan salah satu rekening harus memiliki jumlah yang dimasukkan sebagai kredit . Untuk setiap transaksi yang diberikan , jumlah debit harus sama dengan jumlah kredit. Biasanya jenis pencatatan seperti ini dipakai dalam sebuah perusahaan. Contoh  Double Entry:

Kas                  50.000 
            Hutang                 50.000
atau bisa juga dengan contoh seperti ini :
Persediaan     2000
Peralatan        3000
                Kas                5000 
*perhatikan tulisan berwarna merah di atas

Keuntungan akuntansi double entry adalah ini : pada waktu tertentu , saldo akun aset perusahaan akan sama dengan saldo kewajiban dan pemegang saham ( atau pemilik ) akun ekuitas . ( Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kesetaraan ini dipertahankan , lihat Penjelasan Persamaan Akuntansi . ) .

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Akuntansi Dasar : Pembukuan Akuntansi Double Entry "

Post a Comment

wdcfawqafwef