Ingin berinvestasi saham? kenali dulu resikonya

RESIKO INVESTASI SAHAM - pada artikel sebelumnya telah kita bahas manfaat manfaat berinvestasi. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas resiko dari invesasi tersebut,  khususnya resiko investasi pada saham.

Menjadi sukses dengan berinvestasi saham, siapa yang tidak mau?  Namun dalam hidup ini tuhan adil dengan menciptakam segala sesuatunya berpasang-pasangan. Begitu juga dengan Keuntungan berinvestasi. Ada kalanya seseorang mengalami keuntungan,  dan ada kalanya mengalami kerugian.
Namun dari kerugian tersebut bisa kita minimalisir dengan mengetahui apa saja yang menjadi resiko dalam berinvestasi saham.  Berikut adalah resiko-resiko bila berinvestasi pada saham :


1. TIDAK DAPAT DIVIDEN
Resiko yang pertama adalah tidak dapatnya deviden . Dividen adalah tujuan utama dari seorang investor menanamkan modalnya ke suatu perusahaan.  Dividen bisa diberikan jika laba yang didapat tersedia untuk dibagikan.  meski perusahaan mengalami keuntungan,  jika laba tidak tersedia untuk dibagikan,  maka investor tidak akan menerima penghasilan(dividen).



2.  CAPITAL LOSE
Resiko yang kedua yaitu capital lose.  Capital lose adalah kerugian jika seorang investor menjual sahamnya lebih rendah dari harga pertama ketika ia membeli saham tersebut.  Hal ini bisa terjadi jika perusahaan yang bersangkutan mengalami penurunan performa keuangannya.



3.  RESIKO LIKUIDASI
Ini adalah resiko terbesar jika anda berinvestasi pada saham.  Karena jika perusahaan mengalami Likuidasi.  Hak-hak perusahaan tersebut akan dijual untuk memenuhi kewajiban  kepada yang memiliki kepentingan yaitu pemerintah (pajak ) dan hutang pada pihak ketiga. Jika anda memegang saham preferen mungkin akan diberi prioritas ketiga atas asset perusahaan setelah pemerintah dan hutang pihak ketiga.  Dan untuk pemegang saham biasa sisanya.



4.  RESIKO SAHAM DELISTING.
Resiko saham yang terakhir adalah saham delisting.  Delisting adalah dikeluarkannya saham dari bursa.  Hal ini bisa terjadi jika perusahaan bermain curang atau saham tidak pernah diperdagangkan selama 6 bulan.


Itulah beberapa resiko investasi pada saham.  Tentu diharapkan resiko dapat diturunkan jika anda mengetahui apa saja resikonya dan cara meminimalisirnya.  Semoga bermanfaat.

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Ingin berinvestasi saham? kenali dulu resikonya"

Post a Comment

wdcfawqafwef