Di Tempat ini Umat Muslim berpuasa ramadhan selama 24 jam

Satriaonblogger-  Assalamualaikum sob :) Semoga sobat semua dalam keadaan baik . Aamiin. Kali ini saya berbagi sedikit tentang serba – serbi ramadhan tentang “ Di Tempat ini Umat Muslim berpuasa selama Hampir 24 jam.  Di Indonesia sendiri waktu puasa normal adalah kurang lebih 13 jam yaitu dari Adzan subuh berkumandang sampai terbenamnya matahari yang ditandai dengan Adzan Maghrib.  Lalu bagaimana rasanya berpuasa selama  24 jam ? Didaerah ini tepatnya di Kota Kiruna, Swedia , ummat muslim disini harus berpuasa selama 24jam diakibatkan sinar matahari yang terus menyinari kota ini selama 24 jam dengan kata lain di daerah ini matahari tidak pernah tenggelam. Kejadian alam ini berlangsung selama berbulan-bulan.  Hal ini terjadi karena wilayah ini dekat dengan kutub utara. 

Puasa yang dimulai sejak 10 juli 2013 lalu ini membuat warga setempat merasa bingung. Ada beberapa pendapat ulama setempat yang mengatakan bahwa sebaiknya puasa dilakukan pada musim gugur nanti. Sedangkan pendapat ulama lainnya mengatakan bahwa puasa tetap harus berjalan dengan mengikuti waktu matahari terbenam di wilayah terdekat. Sebelumnya tahun lalu di Swedia puasa jatuh pada musim gugur dimana matahari bergerak normal, namun tahun ini Puasa ramadhan jatuh pada musim panas sehingga  matahari terus menyinari Kiruna selama 24 jam.

Tidak ada kesepakatan atas perbedaan ini, Sehingga presiden liga islam swedia ikut bicara, Omar Mustafa mengatakan bahwa ummat muslim memiliki beberapa pilihan. Menurut data Islamic Center di Malmo , sebagian ummat muslim di Swedia mengikuti saran pertama dan sebagian lagi mengikuti saran kedua. Mereka harus berpuasa selama 23 jam sebab lokasi terdekat dari Kiruna matahari hanya terbenam selam 1 jam. wow. Hal yang sama di alami oleh ummat muslim di Finlandia. Buat kita yang tinggal di Indonesia yang puasanya cuma 13 jam harus banyak bersyukur karena letak negara kita masih diberi waktu yang cukup untuk matahari terbit dan tenggelam . Alhamdulillah :)  (BLN/JUL)

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Di Tempat ini Umat Muslim berpuasa ramadhan selama 24 jam"

Post a Comment

wdcfawqafwef