Wortel , Telur atau Biji Kopi ?

Bogor- Assalamualaikum wr. wb. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit kisah renungan kecil tetang wortel, telur dan biji kopi. Kita ibaratkan ketiga benda tersebut adalah cerminan dari diri kita. Dan anda disini diberi kebebasan untuk memilih ingin jadi seperti apa . Oke kita mulai saja…






Ada tiga buah benda yang masing-masing dipanaskan dengan air yang sangat mendidih dalam sebuah wadah yang berbeda, benda  dalam wadah tersebut yakni wadah pertama berisi sebuah wortel mentah , wadah kedua berisi telur mentah dan benda ketiga dimasukan beberapa biji kopi. Wadah tersebut didiamkan hingga beberapa lama,  setelah itu benda dari masing-masing wadah tersebut itu pun kini telah mengalami perubahan.  Wadah pertama yang berisi wortel tadi mengalami perubahan pada wortelnya. Wortel yang semula keras kini telah menjadi lunak setelah dipanaskan dengan air yang mendidih. Sebaliknya pada waadah kedua tadi yang berisi sebuah telur kini telur tersebut yang awalnya lunak berupa cairan kini menjadi keras setelah dipanaskan dengan air yang mendidih. Sedangkan pada wadah ketiga yang berisi beberapa biji kopi, kini biji kopi tersebut menghilang, tapi air yang mendidih tadi berubah warna dan harum seperti kopi. Dari ketiga peristiwa di atas apakah anda telah mendapat pelajaran dari benda tersebut?

Ya ketiga peristiwa diatas kita ibaratkan seperti sikap kita ketika kita mendapatkan masalah.
Pada Wadah pertama ketika wortel yang semula keras menjadi lunak, seperti kita yang awalnya bersemangat dan memiliki semangat juang yang kuat tapi setelah kita menerima masalah kita menjadi lemah ,pesimis dan melupakan semangat juang kita di awal. Jangan mau sperti wortel !!
Pada wadah kedua yang berisi telur yang semula cairan lunak kini berubah menjadi keras, ini ibarat kita yang awalnya kita mulai dengan penuh dengan rasa peduli dan sensitif pada sesama tetapi ketika kita dihadapkan pada suatu masalah kita berubah menjadi keras dan egois. Jangan mau seperti telur !!!!
Pada wadah ketiga yang semula berisikan beberapa biji kopi kini biji kopi tersebut hilang tetapi air yang mendidih tadi kini telah berubah warnanya dan harum seperti kopi, ini diibaratkan Ketika kita dihadapkan pada suatu masalah, masalah tidak akan merubah kita tetapi kita lah yang merubah masalah tersebut. Seperti  biji kopi, air tidak mampu merubah kopi tapi kopi yang mampu merubah air. Lihat saja warnanya, cium aromanya dan rasakan rasa air dari wadah tersebut ,semua kini telah berubah menjadi rasa kopi yang hangat dengan aroma yang enak. Ya seperti itulah harusnya kita, kita tidak berubah menjadi lemah maupun egois ketika dihadapkan pada suatu masalah tetapi kita dapat merubah masalah tersebut menjadi apa yang kita mau dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Ketika kita ingin menyeduh kopi maka semakin panas air yang kita pakai akan semakin terasa enak rasa dari kopi tersebut. Begitu juga diri kita, semakin sulit masalah yang kita hadapi akan semakin baik kita menjadikan masalah tersebut sebagai bahan perbaikan dari diri kita masing-masing. Jadilah seperti kopi  

*Artikel ini terinspirasi dari materi ESQ semoga bermanfaat bagi yang membacanya . Wassalamualaikum ….

like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Wortel , Telur atau Biji Kopi ?"

Post a Comment

wdcfawqafwef