Perbedaan antara Biaya (Cost) dan Beban (Expense)

Assalamualaikum. selamat siang sobat . Artikel Kangsatria.com  kali ini tentang Perbedaan antara Biaya (Cost)  dan Beban (Expense) . Sebelumnya mungkin ada diantara sobat yang masih bingung Perbedaan antara Biaya (Cost)  dan Beban (Expense) .  Dalam akuntansi sering sekali kita jumpai kata biaya dan beban. Kalo yang sebelumnya menganggap ini sama , sebenarnya biaya dan beban itu berbeda gan hehe..  Berikut Perbedaan antara Biaya (Cost)  dan Beban (Expense) .

Biaya atau cost adalah sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan dengan harapan kita akan mendapatkan keuntungan atau manfaat secara ekonomis dimasa mendatang Misalnya untuk pembelian aktiva tetap, pembelian aktiva tersebut adalah biaya pembelian aktiva . Dengan mengeluarkan uang untuk pembelian aktiva ini maka ada akun kas yang kita keluarkan sedangkan efek dari pembelian aktiva ini kita mengharapkan manfaat ekonomis  dari aktiva tersebut dimasa mendatang . Misal motor sebagai kendaraan ada manfaat ekonomisnya untuk mempercepat pengiriman barang. Contoh lainnya yaitu Biaya Sewa dibayar dimuka dan masih banyak transaksi lainnya.

UPDATED:

Menurut PSAK No.16 Revisi 2007, Cost (Biaya perolehan) adalah jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar dari imbalan lain yang diserahkan untuk memperoleh suatu aset pada saat perolehan atau kontruksi atau, jika dapat diterapkan , jumlah yang diatribusikan ke aset pada saat pertama kali diakui sesuai dengan persyaratan tertentu dalam PSAK lain.


Sedangkan untuk konsep beban atau ekspense sendiri adalah Sesuatu yang kita korbankan atau kita keluarkan dalam rangka memperoleh pendapatan misalnya akun-akun yang tertera dalam laporn laba-rugi.  Beban listrik, air , beban penyusutan. dll.

Kesimpulannya Biaya perolehan (cost) adalah jumlah kas atau setara kas yang kita keluarkan untuk mendapatkan suatu aset lain . Sedangkan untuk Beban (expense) adalah kas atau setara kas yang kita keluarkan atau bisa juga dalam hal ini (beban penyusutan) dalam rangka memperoleh laporan laba-rugi.

sekian artikel tentang Perbedaan antara Biaya (Cost)  dan Beban (Expense)  sekiranya mungkin bisa membantu anda yang sedang mencari artikel ini. semoga bermanfaat. jika masih ada yang ingin ditanyakan anda bisa mengisinya dalam kotak komentar dibawah.   Baca juga Perbedaan Pendapatan (revenue) dan laba (income) . Wasaalamualaikum :) .

Mau tahu  Cara Mengetahui Gaya Belajar Sesuai dengan Kepribadian ?


like dan bagikan ini ke teman kamu?

2 Responses to "Perbedaan antara Biaya (Cost) dan Beban (Expense)"

wdcfawqafwef