4 Langkah pertimbangan sebelum menerima penugasan Audit

Bogor - Assalamualaikum. kali ini satriaonblogger akan membahas sedikit tentang 4 Langkah pertimbangan sebelum menerima penugasan Audit . Sebelum melakukan Audit seorang auditor harus mempertimbangkan segala sesuatunya yang mungkin akan terjadi selama proses Audit. Ini berkaitan erat dengan standar auditing yang 4 yaitu proses audit harus direncanakan dengan sebaik-baiknya. Oke langsung saja 4 Langkah pertimbangan sebelum menerima penugasan Audit :



1. Mengevaluasi Integritas Manajemen

Langkah pertama yang harus dipertimbangkan adalah tentang Integritas manajemen yang dimiliki klien . Seorang Auditor harus mengevaluasi integritas manajemen klien, apakah integritas dari manajemen klien sudah bagus atau masih kurang. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap besarnya penyimpangan yang mungkin akan terjadi. Bila integritasnya bagus tentu tingkat penyimpangannya aan semakin kecil dan hal ini akan memudahkan auditor dalam mengaudit.

2. Mengidentifikasi kondisi kusus dan resiko yang tidak biasa

  • Mengidentifikasi pemakai laporan keuangan auditan
  • Menentukan prospek stabilitasbdan keuangan klien
  • Mengevaluasi auditabilitas satuan usaha


3. Menilai kemampuan untuk memenuhi standar auditing

Langkah yang ketiga adalah menilai kemampuan auditor apakah akan mampu untuk memenuhi standar auditing atau tidak. Ini sangat berkaitan erat dengan Penentuan kompetensi,Pengevaluasian independensi yang dimiliki auditor, serta penentuan  kemampuan melaksanakan audit secara cermat dan seksama.

4. Menyiapkan surat penugasan Audit.

Langkah yang terakhir adalah menyiapkan surat penugasan audit. Surat penugasan ini sangat penting karena dalam surat ini berisikan apa-apa saja kesepakatan antara Auditor dengan klien dalam melakukan audit. Kesepakatan - kesepakatan itu antara lain :
  1. Penerimaan tugas atas penunjukan dari pihak klien
  2. Tujuan dan lingkup audit
  3. Luas dan tanggung jawab auditor dan manajemen
  4. Kesepakatan mengenai reprodusi laporan keuangan auditan
  5. Kesepkatan bentuk laporan auditan
  6. Fakta bahwa audit memiliki resiko tidak terdeteksi
  7. Kesanggupan audior menyampaikan informasi
Sekian artikel tentan 4 Langkah pertimbangan sebelum menerima penugasan Audit .Semoga bisa berguna dan bermanfaat :) wassalamualaikum..


like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "4 Langkah pertimbangan sebelum menerima penugasan Audit"

Post a Comment

wdcfawqafwef