Tuesday, 19 March 2013

Perbedaan Pendapatan (revenue) dengan Laba (income)

22:49

Bogor- kali ini saya sedikit share tentang Perbedaan Pendapatan dengan Penghasilan semoga bermanfaat :)  Berikut adalah perbedaan pendapatan (revenue) dengan laba (income)Pendapatan berasal dari kata revenue  atau total sesuatu yang kita peroleh atau dapatkan dari suatu yang kita usahakan. Misal kita menjual barang maka total harga penjualan barang tersebut akan menjadi pendapatan kita. Dalam kasus lain menerima sebuah bunga dari pinjaman yang kita berikan , kita juga mencatatnya sebagai sebuah pendapatan karena kita sebelumnya sudah mengeluarkan kas untuk memberikan pinjaman terebut. Sedangkan untuk Laba berasal dari kata income atau yang berarti pemasukkan atau penghasilan . Laba merupakan keseluruhan pendapatan dikurangi biaya-biaya operasional lainnya


bahasa gampangnya dalam pendapatan kita belum tentu mendapat laba (atau bahasa mudahnya suatu keuntungan),  karena belum dikurangi biaya-biaya operasional lainnya. Sedangkan untuk pemasukan, itu sudah pasti merupakan laba bagi kita.



Contoh : 

Kita menjual 1 kue buatan sendiri seharga Rp 10.000.- . Harga pokok penjualan Rp 5000.- . Biaya operasional Rp 1000,- maka


1. Pendapatan kita dari penjualan adalah Rp 10.000,-

2. Penghasilan (laba)  kita dari penjualan hanya sebesar Rp 4000,- (10.000 - 5000 -1000)



sekian artikel tentang Perbedaan Pendapatan dengan Penghasilan . semoga semakin jelas buat yang belum tahu .wassalamuaikum :) baca juga artikel tentang Perbedaan Biaya (cost) dengan Beban (expense)

Written by

I am just one of most Blogger in the World who want to change the world to be better by my simple article.

4 komentar:

  1. Jadi penghasilan dengan laba itu sama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak :) .. untuk lebih dimengerti analogikan laba sebagai suatu keuntungan, jika untung maka merupakan penghasilan kita.

      Delete

 

© 2013 Digital Learning. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top