Jurnal Akuntansi untuk Pemakaian Bahan Baku pada Perusahaan Manufaktur

Assalamualaikum Wr Wb. Kali ini satriaonblogger membuat postingan tentang jurnal akuntansi untuk pemakaian  bahan baku pada perusahaan. Biasanya jenis perusahaan yang memakai metode jurnal akuntansi untuk pemakaian  bahan baku adalah perusahaan manufaktur yang setiap proses produksinya melibatkan pemakaian bahan baku , sejauh mana bahan baku itu dipakai . Dengan menjurnalnya maka perusahaan bisa mengetahui rincian dari pemakaian produksi dan bisa untuk menentukan jumlah persediaan akhir bahan baku yang akan digunakan sebagai dasar penentuan HPP ( Harga Pokok Produk).

langsung saja jurnal akuntansi yang harus dibuat sebagai berikut :
1. jurnal pemakaian bahan baku  awal : 
Persediaan bahan baku dalam proses
                   Persediaan bahan baku   (awal)
Penjelasan: Persediaan bahan baku yang telah dipakai akan ‘berkurang’, seblumnya persediaan adalah golongan akun asset, maka setiap pengurangan asset kita akan mencatatnya pada bagian ‘kredit ‘. Setelah adanya pemakaian bahan baku  (awal) maka selanjutnya kita akan menerima persedian baru yaitu persediaan bahan baku dalam proses dari proses produksi pemakaian bahan baku tersebut, maka kita akan mencatatnya pada bagian debet.

2. jurnal pemakaian bahan baku dalam proses : 
Persediaan bahan baku jadi
                   Persediaan bahan baku dalam proses 
Penjelasan: Hampir sama dengan penjelasan  yang sudah dijelaskan diatas yang berbeda hanya nama akunnya saja  pada bagian debet maupun kredit, karena ini merupakan proses lanjutan dari pemakaian bahan baku (awal) diatas. Persediaan bahan baku jadi ini yang akan menentukan HPP suatu produknya nanti.

Mungkin sekian yang bisa  satriaonblogger sampaikan  tentang jurnal akuntansi untuk pemakaian bahan baku pada perusahaan manufaktur. sekiranya  kritik dan saran membangun sangat kami nantikan .  Semoga bermanfaat Smile
Untuk lebih belajar tentang akuntansi  silahkan sobat lihat penjelasan artikel-artikel lainnya . wassalamualaikum…


like dan bagikan ini ke teman kamu?

0 Response to "Jurnal Akuntansi untuk Pemakaian Bahan Baku pada Perusahaan Manufaktur"

Post a Comment

wdcfawqafwef